100 tumpeng akan disiapkan untuk sedekah ringin kembar

masyarakat kawasan candi borobudur selama desa ringin putih, kabupaten magelang, jawa sedang, mau menyiapkan 100 tumpeng untuk prosesi sedekah ringin kembar guna menghidupkan tradisi budaya bersih desa setempat.

kegiatan merti desa (bersih desa) itu terkait melalui jadwal bersama warga desa yang lain pada kurang lebih borobudur 'ruwat rawat 'borobudur pada 1,5 bulan yang akan datang, tutur sekretaris panitia ruwat rawat borobudur 2013 sugeng muslih di borobudur, sabtu.

ia menunjukan tumpeng yang secara swadaya disiapkan warga daripada semua rukun tetangga serta kepala dusun setempat tersebut mau diarak sejauh Salah satu kilometer dari balai desa ringin putih menuju website di tepi dusun sriyasan.

tempat selama tepi areal persawahan dan menghubungkan dusun sriyasan dengan dusun kranggan, desa ringin putih, kecamatan borobudur tersebut terjamin warga, pernah tumbuh pohon ringin putih dengan tidak kasat mata dalam masa lampau.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan 100 tumpeng akan diletakkan di tempat tersebut untuk lalu modin dusun setempat, dahlan (60), memimpin doa dan selanjutnya masyarakat menyantap sajian tumpeng tersebut secara bersama-sama.

sugeng dan dan ketua badan perwakilan desa ringin putih itu mengatakan kegiatan serupa selama lalu ditandai dengan penanaman pohon beringin dalam tempat itu.

prosesi sedekah ringin kembar dan ditandai melalui perarakan 100 tumpeng itu ingin berlangsung pada 2 juni 2013.

ia mengatakan prosesi itu juga menggandeng ratusan masyarakat yang tergabung dalam semua kelompok kesenian tradisional. mereka ingin membeli pakaian tarian tradisional tiap-tiap, seperti kuda lumping, topeng ireng, uyon-uyon, kubro siswo, sholawatan jawa, rebana, ketoprak, juga buto grasak.

sejumlah pihak akan mengikuti air daripada kompleks taman wisata candi borobudur untuk dibawa ke desa kami untuk menyiram pohon beringin dan kami tanam tahun lalu. ini simbol perawatan kepada upaya penghijauan dan sudah kami lakukan, kata sugeng yang serta ketua bidang organisasi warung tempat jagat cleguk, Satu komunitas borobudur supaya upaya konservasi kawasan candi borobudur.