Gubernur Sulteng pertegas soal Poso ke Konjen AS

gubernur sulteng longki djanggola menyatakan status keamanan serta akibat konflik selama kabupaten poso kepada wilayah sulawesi tengah dengan keseluruhan pada hadapan konsul konsulat jenderal amerika serikat joaquin monserrate bersama jajarannya di palu, selasa sore.

longki djanggola mengatakan gangguan keamanan dan kerap terjadi selama poso sama pilihan tidak mempengaruhi kondisi keamanan secara keseluruhan selama sulawesi tengah.

poso ya poso. sama alternatif poso tak mempengaruhi kota palu dan daerah yang lain di sulawesi tengah, papar longki.

dia mengatakan orang luar menikmati poso sama melalui melihat Salah satu sulawesi sedang sehingga terbentuk opini seakan-akan gangguan keamanan pada poso juga pengaruhi keamanan se sulawesi tengah.

poso tersebut Satu dari 11 kabupaten juga kota dalam daerah kami, ujarnya.

Baca Juga: Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda Jakarta - Harga dan Informasi Mobil Honda - Mencari Dealer Honda

data statistik papar longki juga menunjukkan tidak keberadaan pengaruh gangguan keamanan poso pada pertumbuhan ekonomi di sulawesi tengah yang selama kemarin mencapai 9,27 persen.

pertumbuhan tersebut jauh di atas rata-rata nasional dan hanya 6,23 persen.

logikanya kalau keamanan pada poso mempengaruhi sulawesi tengah pasti ekonomi pada daerah ini hancur-hancuran, ujarnya.

longki mengatakan gangguan keamanan dalam poso pilihan waktu terjadi hanya karena ketidaksenangan pihak tertentu pada aparat kepolisian.

sementara itu wakin, panggilan joaquin monserrate menungkapkan sampai ketika ini pihak asing khususnya kelompok masyarakat investor mengangap poso masih menakutkan.

pendapat investor barat tetap khawatir meski banyak pengamanan, katanya.

wakin menungkapkan pilihan waktu lalu dirinya telah berkunjung ke poso juga berkesimpulan bahwa orang poso tak mau dulu ada konflik selama daerah tersebut.

wakin bersama beberapa pejabat di konsulat jenderal amerika serikat dalam surabaya menyaksikan sudah adanya kemajuan dalam wilayah ini.

dia mengatakan situasi tersebut berbeda saat dirinya berkunjung ke sulawesi sedang kurang lebih 10 tahun kemarin. kelihatan kota ini lebih tambah besar, pembangunan dimana-mana, ujarnya.

menurut rencana wakin bersama rombongan akan berada selama palu hingga kamis (4/4) seterusnya ingin menuju makassar, sulawesi selatan.