Jamsostek serahkan santunan Rp2,22 miliar pada ABK

pt jamsostek memberikan bantuan senilai rp2,22 miliar pada ahli waris 11 anak buah kapal pt pelayaran tirtacipta mulyapersada yang tewas juga hilang ketika kapal tirta samudera xxi yang mereka awaki tenggelam pada karimun jawa, 10 januari lalu.

direktur pelayanan pt jamsostek achmad riadi saat menyerahkan bantuan secara simbolis terhadap salah Satu ahli waris selama acara konsultasi teknis dokter penasehat tingkat nasional 2013 di batam, rabu mengatakan pihaknya masih bisa membayarkan santunan karena menanti kesiapan ahli waris.

kapal tirta samudera xxi yang bermuatan minyak sterin pergi dari pelabuhan plaju marina, palembang, menuju pelabuhan gresik. selama perairan karimun jawa kapal miring ke kanan 12 derajat serta bocor sesudah sebelumnya terombang ambing akibat iklim buruk.

segala upaya dilakukan abk agar menghubungi tim sar semarang dan basarnas pusat, akan tetapi kapal tidak bisa diselamatkan. kaum abk kemudian menyelamatkan diri melalui memakai life raft juga sekoci.

tim sar semarang dengan pantauan helikopter sempat menikmati para abk serta memberikan bantuan logistik, akan tetapi saat akan menekan alat komunikasi gagal dilakukan sebab terhalang kabut dan sekoci hilang dibandingkan pantauan.

Baca Juga: cincin kawin murah - cincin kawin murah - perak murah - cincin couple

tim basarnas menggarap pencarian 11--17 januari serta mendapatkan dua korban tewas, sembilan hilang dan Satu selamat.

pt jamsostek batam ii telah melayani laporan kasus tersebut dengan email selama 22 januari 2013. proses pembayaran baru mampu dilaksanakan di april karena menanti surat keputusan daripada basarnas juga kelengkapan berkas dibandingkan tiap-tiap ahli waris dan tersebar di seluruh wilayah indonesia.

total kualitas bantuan rp2,22 miliar kepada ke-11 korban. santunan diserahkan dengan dirjen pembinaan pengawasan ketenagakerjaan kemenakertrans muji handoyo melalui didampingi riadi juga kakanwil ii pt jamsostek marseli tamboyong dengan disaksikan oleh gm pt pelayaran tirtacipta mukyapersada wagiman serta sekitar 57 dokter peserta pertemuan dokter penasehat.

sri hartati, isteri dibandingkan abk almarhum kambali menerima santunan senilai rp103,1 juta. penerima santunan yang lain adalah ahli waris daripada alfenus panjaitan, alim yusuf, david banjarnahor, hasanuddin, herry martuanto, ibrahim. izak steven, m lutfi ulsar iskandar, muttaqin juga pengizinta sitepu.

besaran santunan bervariasi sesuai dengan kualitas upah dan dilaporkan. besaran bantuan terkecil rp79 juta juga paling besar rp465 juta.

pt pelayaran merupakan perusahan binaan pt jamsostek kantor cabang batam ii dan terdaftar sejak februari 2011, mengikuti tiga situs garansi sosial melalui total 345 pekerja yang terdaftar aktif serta total membayar iuran rp128 juta perbulan.

pt jamsostek kantor cabang batam ii selama 2012 sudah membayar jaminan kecelakan kerja senilai rp4.465 miliar supaya 2.669 jumlah.