Jalur Ngawi-Solo macet akibat antre solar

sejumlah titik pada jalur jalan raya ngawi-solo, kabupaten ngawi, jawa timur, mengalami macetnya akibat tertutup mobil yang sedang mengantre solar bersubsidi dalam stasiun pengisian bahan bakar publik (spbu) setempat dalam juma sore.

kemacetan didominasi dengan kendaraan besar semisal bus juga truk dan mengular hingga mencapai lima kilometer lebih. kaum petani dengan membawa jerigennya juga mobil pribadi yang berbahan bakar solar dan ikut mengantre.

petugas spbu pada jalan raya ngawi-solo, desa sidowayah, kedunggalar, ngawi, agus, jumat petang menyampaikan, bbm bersubsidi jenis solar sulit diinginkan sejak sepekan terakhir.

pasokan solar daripada pertamina memang dibatasi. biasanya dapat dikirim 16 kilo liter setiap kali do, kini hanya tinggal setengahnya. akibatnya solar besar diharapkan serta di ngantre, ujarnya kepada wartawan.

Informasi Lainnya:

guna mengurai macetnya di jalur antarprovinsi itu, petugas satuan 2012 lintas polres ngawi terpaksa memberlakukan sistem kunjungi juga tutup jalan.

polisi serta mempunyai sejumlah jalur solusi bagi mobil pribadi dari arah solo dan akan menuju madiun serta magetan untuk memangkas kemancetan.

kemacetan terjadi sebab adanya antrean mobil solar di spbu dan masih saja melayani pasokan daripada pertamina. macet telah terjadi dari pagi, beruntung kini sudah dapat diatasi melalui sistem buka tutup serta tutup jalan juga jalur pilihan, ujar kepala satuan kemarin lintas polres ngawi, akp gatut wibowo.

hal serupa dan terjadi selama sederat spbu dalam kabupaten madiun. antrean sampai menyebabkan macetnya lalu lintas terjadi di spbu sangen, geger, dan terdapat selama jalan raya madiun-ponorogo serta spbu klitik, wonoasri, dan berada selama jalan raya madiun-surabaya.

kapolres madiun akbp yusuf, menyampaikan, pihaknya telah menugaskan anggotanya supaya membuat arus lalu lintas supaya antrean kendaraan di spbu itu tak mencari macet.

kami dan menempatkan sederat personel untuk mengamankan spbu guna mencegah keributan yang mungkin terjadi ketika antre solar. masing-masing spbu yang rawan mau dijaga tiga sampai empat personel, kata akbp yusuf.

menurut dia, penjagaan akan diselenggarakan sampai batas masa yang belum ditentukan. tergantung dari situasi selama lapangan dan kebijakan pemerintah pusat tenntang pendistribusian bbm bersubsidi itu.

seperti diketahui, kuota solar bersubsidi tahun ini dipastikan turun daripada tahun sebelumnya akibat menyesuaikan kuota bbm subsidi dan sudah ditentukan selama apbn 2013. untuk wilayah jawa timur, kuota solar bersubsidi tahun 2013 hanya sebesar 1,91 juta kilo liter (kl). kasus tersebut lebih rendah dari realisasi tahun lalu sebesar 2,08 juta kl.

demikian serta, sesuai penugasan pemerintah, kuota solar bersubsidi yang adalah tanggung jawab pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan dengan realisasi penyaluran tahun kemarin. dengan nasional, kuota solar bersubsidi tahun kemarin sebesar 15,56 juta kl, menurun merupakan 14,28 juta kl pada 2013 ini.