Peristiwa Yasukuni batalkan kunjungan menteri Korea Selatan ke Jepang

menteri luar negeri korea selatan, yun byung-se, telah membatalkan lawatan ke jepang sesudah perdana menteri jepang, shinzo abe, mengirim sesaji ke kuil yasukuni, kuil lambang militerisme jepang.

kantor berita korea selatan, yonhap, menyatakan, abe, asli nasionalis dan blak-blakan, di minggu lalu, mengirimkan sesaji agar upacara pada pohon pinus kuil yasukuni. abe tak mengunjungi kuil itu tapi dua orang menteri juga wakil kepala kabinet mengunjungi yasukuni akhir pekan lalu.

kunjungan pejabat terjamin jepang ke yasukuni selalu membeli marah korban serangan jepang dalam waktu perang, tergolong china juga korea selatan.

kuil yasukini kepada jepang yang adalah web penghormatan bagi 14 petinggi dan sejumlah pihak yang gugur di perang, tapi dengan negara tetangga mereka dianggap sebagai penjahat perang. jepang pernah menganeksasi semenanjung korea dan manchuria dalam china pasca perang dunia i.

Informasi Lainnya:

seorang pejabat korea selatan menungkapkan kepada yonhap kiranya semula yun hendak membahas arah hubungan bilateral jepang-korea selatan pada rencana lawatannya ke jepang.

namun dengan keadaan seperti ini, di posisi kami ingin sulit supaya mengerjakan diskusi dan produktif, serta yun memutuskan supaya tidak beranjak ke jepang kali ini, kata pejabat tersebut, dan menolak disebut namanya.