Majelis alumni IPNU Jatim dukung Mendikbud

presidium majelis alumni ikatan pelajar nu (ipnu) jawa timur siap mendukung mendikbud mohammad nuh tenntang melalui kebijakan ujian nasional yang tahun ini mengalami kisruh dalam pelaksanaan supaya un tingkat sma dan sederajat.

kami siap selama belakang agar mendukung pak nuh sebab majelis alumni ipnu sudah bersifat `supporting system` agar membenahi dunia studi, kata ketua presidium wilayah majelis alumni ipnu jatim h. muzammil syafii dalam surabaya, minggu.

hal itu diungkapkan pada silaturrahmi presidium wilayah majelis alumni ipnu jatim dan dibuka oleh mendikbud serta dikuti ketua presidium pusat majelis alumni ipnu dr. h. hilmy muhammadiyah, ketua pbnu prof. kacung maridjan, m.a., serta wakil ketua pwnu jatim dr. h.m. thohir.

senada dengan tersebut, ketua pimpinan wilayah (pw) ipnu jatim m. fadlli menilai mendikbud tak bersalah pada kisruh un 2013 itu. kami serta mendukung, tetapi bukan sebab kedekatan kami melalui pak nuh, melainkan sebab beliau memang tidak bersalah, ujarnya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, kekacauan un 2013 itu murni kesalahan pihak percetakan yang tak mengukur diantara beban yang diterima serta kemampuan dan disediakan.

oleh sebab itu, kami juga mendesak pak nuh supaya tim investigasi yang dibentuk segera membuka tabir dan sesungguhnya terjadi, katanya.

ia menegaskan kiranya anggota ipnu yang juga pelajar sangat dirugikan melalui kekacauan yang terjadi dalam un 2013 di tingkat sma tersebut.

oleh sebab tersebut, kami mengharapkan hasil investigasi dan mau diumumkan di minggu depan tersebut ingin menjelaskan masalah sebenarnya, katanya.

menanggapi dukungan majelis alumni ipnu jatim serta pw ipnu jatim tersebut, mendikbud meminta ipnu serta alumninya berperan menjadi pihak yang mendorong kemajuan dunia pendidikan sehingga kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan mampu diatasi.

ibarat penyakit dan usah vaksin, maka penyakit sosial seperti kemiskinan serta ketidaktahuan itu juga mesti vaksin sosial dan vaksin sosial itu pendidikan. oleh karena itu, dukungan majelis alumni ipnu tersebut tepat pada konteks untuk objek wisata keluar dari penyakit sosial itu, ujarnya.

terkait melalui dorongan mundur agar dirinya, mendikbud menilai permintaan dirinya agar mundur tenntang kisruh pelaksanaan ujian nasional (un) 2013 itu tergantung pada presiden sebab dirinya adalah pembantu presiden dan diangkat olehnya.

kalau mundur itu, lho saya yang ngangkat tersebut presiden, bukan orang lain. manakala gagal, ya, tergantung dan menilai, seperti mahasiswa tersebut `kan kembali dosen yang menilainya. aku katakan, kisruh un 2013 itu tidak bersifat `by design` (direncanakan), akan tetapi murni kecelakaan, ujarnya.

tiga tahun 2012, kata mantan rektor its surabaya itu, pelaksanaan un serta diselenggarakan selama daerah. ingin sementara, karena ada masalah, 2012 ditarik ke pusat.

oleh karena itu, bila sekarang ada masalah, ya, dikaji terserah, sementara bukan berarti `by design`, ujarnya.

acara silaturrahmi majelis alumni ipnu jatim yang dikuti alumni ipnu se-jatim tersebut merumuskan rekomendasi pada nu agar memperbaiki mutu pendidikan masyarakat nu melalui melibatkan jaringan alumni ipnu selama jatim, menarik dengan studi dan bersifat formal maupun informal.