Rusia dukung Swiss tuan-rumahi perundingan Korea

menteri luar negeri rusia sergei lavrov selama jumat mengatakan mendukung gagasan swiss menuan-rumahi perundingan enam negara di upaya meredakan ketegangan atas korea utara.

sejauh saya mengerti, swiss siap mempunyai ranah ramahnya supaya perundingan enam bagian, dengan harapan kiranya itu diadakan. kami tidak menentang prakarsa tersebut, papar lavrov terhadap wartawan sesudah berhadapan melalui timpalan swiss-nya, didier burkhalter.

pembicaraan tersebut, yang melibatkan korea utara serta korea selatan, cina, rusia, amerika amerika juga jepang, dibekukan sejak 2009 setelah korea utara bagus diri dalam menanggapi hukuman perserikatan bangsa-bangsa atas kegiatan peluru kendalinya.

ada enam putaran terpisah antara 2003 hingga 2007 juga swiss selama pekan kemarin menawarkan bantuan saat ketegangan memuncak dalam semenanjung korea.

Informasi Lainnya:

negara netral swiss memiliki lima tentara di garis gencatan senjata dalam antara kedua korea tersebut, dibuat pihak daripada komisi negara nonblok pemantau gencatan senjata dari perang korea pada 1950-an.

negara itu serta memiliki kantor jembatan dalam pyongyang, ibukota korea utara, dan komunis.

pemimpin negara terkendali ketat tersebut, kim jong-un -yang ketiga dalam wangsa pemimpin kuat- menghabiskan pilihan tahun sekolah di swiss dalam bawah kedok putra pengemudi kedutaan.

menteri luar negeri amerika serikat john kerry selama jumat menyuarakan dukungan negaranya supaya korea selatan bergerak menuju pembahasan dengan pyongyang.

saat berbicara pada wartawan di seoul, kerry menyatakan pemimpin korea utara kim jong-un memesan kesalahan sulit kalau memaksakan launching peluru kendali, juga mendesak china berusaha lebih keras mengendalikan sekutunya di pyongyang.

tapi, dengan ketegangan di semenanjung korea di tingkat tertinggi pada bertahun-tahun, kerry menyatakan washington dan bekerja sama dengan menghormati pandangan president korea selatan park geun-hye, dan terpilih atas janji keterlibatan lebih besar dengan pyongyang.

president park terpilih dengan pandangan berbeda terhadap kemungkinan perdamaian dan kami menghormati pandangan itu, papar kerry.

kami siap berusaha dengan keyakinan kiranya hubungan utara melalui selatan mampu meningkat juga mereka mampu membaik sangat segeralah. saya pikir, kami sudah menurunkan retorika kami secara berarti serta kami berusaha mendapatkan cara untuk kewajaran menang selama sini, tambahnya dikutip afp.