Sejarah demokrasi Indonesia pengaruhi politik ASEAN

proses perjalanan demokrasi di indonesia sejak jatuhnya rezim presiden soeharto selama 1998 sampai sekarang membawa pengaruh penting kepada kebijakan politik luar negeri negara-negara asean, kata betul peneliti.

di asean, indonesia konsisten di mengiklankan demokrasi juga fondasi hak asasi manusia, sesudah mereka bertransformasi, juga itu tak tidak susah sebab ada alternatif rintangan, kata peneliti politik serta hubungan internasional university of south california donald e. weatherbee selama pemaparan kemajuan politik luar negeri indonesia yang diadakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) pada jakarta, jumat.

profesor dan menulis buku pertamanya tentang sikap politik soekarno (1966) ini menuturkan jalan berliku indonesia dalam memulihkan kepercayaan negara-negara sahabat setelah reformasi 1998.

perjuangan agar menyelaraskan demokrasi, katanya, ditandai dari apa negara ini mencoba mereformasi aspek-aspek berguna dan meninggalkan luka manakala mengingat era pemerintahan sebelum 1998, semisal keamanan sipil dan hak asasi manusia (ham).

Informasi Lainnya:

pembentukan komisi nasional ham sesudah 1998 juga merupakan jenis pujian weatherbee, meskipun baru lebih banyak lagi perhatian rumah dan harus segera diselesaikan.

selain itu, proses penyusunan kebijakan umum yang asalnya cuma melibatkan pemerintah, sekarang menggandeng banyak ahli pada bidangnya semisal praktisi, ilmuwan serta lain-lain telah membayarkan lagi nilai demokrasi juga menghargai azas faedah.

ini membuka kepercayaan, juga usaha seluruh negara supaya menjalin hubungan lebih dekat, tidak cuma amerika namun dan eropa.... dan australia, katanya.

weatherbee menyampaikan usaha-usaha penerapan demokrasi selama indonesia menular ke berbagai kebijakan dan inisatif perhimpunan bangsa asia tenggara (asean). seperti lahirnya piagam asean 2007 yang memesan anggotanya mesti mematuhi peraturan dan mengandung nilai demokrasi serta penghargaan pada ham.

kemudian, lanjut weatherbee, indonesia dan berkontribusi penuh di pembentukan deklarasi hak asasi manusia asean kemarin. begitu juga di cita-cita pembentukan komunitas asean dalam 2015 yang mempunyai pilar komunitas politik dan keamanan, sosial budaya dan ekonomi.

masuknya kualitas demokrasi asean tak hendak terjadi tanpa demokrasi pada indonesia, ujarnya.

namun, penerapan demokrasi serta tidak mudah sebab sikap negara-negara asean yang masih resisten.

itu membuktikan ada `lip service` melalui ajaran asean, katanya.

eksistensi indonesia juga terlihat di kepedulian pada negara-negara selama kawasan. selama konflik rohingya selama myanmar, indonesia berhasil menegaskan sikapnya juga menunjukkan kepedulian.

weatherbee menungkapkan sikap tersebut menunjukan salah Satu bukti sifat kepemimpinan indonesia yang tak ingin surut. aku melihat itu sebagai posisi `natural leader`, katanya.